Tuesday, February 3, 2009

Slumdog Millionaire

lupain tentang tarian di bawah guyuran hujan.
lupain tentang nyanyian yang bikin ilfil.

slumdog millionaire. an out of the line India movie just breaks the typical chain of it.


Jamal Malik adalah seorang pemuda yang berasal dari daerah kumuh di Mumbai. demi mencari cinta pertamanya yang bernama Latika melalui kuis Who Wants To Be a Millionaire? tak diduga semua orang, Jamal berhasil menjawab semua pertanyaan. beberapa hari sebelum mencapai satu pertanyaan terakhir yang akan menentukan apakah Jamal akan mendapat uang sebesar 20 ribu Rupee, Jamal ditangkap Polisi karena dituduh curang. mereka heran, mengapa orang yang tidak berpendidikan dan berasal dari daerah kumuh bisa menjawab semua pertanyaan bahkan yang tersulit sekalipun.
jawabannya hanyalah: Jamal mengalami semua pertanyaan2 itu sejak ia kecil sampai ia kehilangan Latika, wajar ketika Jamal bisa menjawab semua pertanyaan: ia hanya perlu mengingat pengalaman hidupnya! tidak perlu sekolah, tidak perlu belajar.
hidup Jamal sangat menyedihkan dan tragis. ia harus hidup berdua kakaknya (Salim), yang kelak jahat kpd Jamal, karena ibunya tewas dibunuh oleh orang-orang pembenci Muslim. Jamal dan Salim diambil oleh orang jahat yang mempekerjakan mereka sebagai pengemis. di sini Jamal bertemu Latika. kehidupan berlanjut, Jamal dan Salim bertiga Latika kabur, tapi kemudian Salim meninggalkan Latika. Berdua Jamal dan salim berjuang hidup, tapi mereka pun berpisah krn kejahatan Salim.
ktika Jamal dan Salim bertemu kembali, mereka mencari Latika. cerita berlanjut kpd Latika yang menikah dengan seorang gangster. Jamal dilarang menemui Latika.

dengan manis, Jamal berjanji kepada Latika:


"Pergilah dari sini. Aku akan menunggumu di stasiun setiap jam 5. setiap hari. sampai kau datang."

Overview from imdb.com

Slumdog Millionaire (2008) mendapat rating
8.7/10 dari imdb.com. Rotten Tomatoes memberi rating 8.4/10.

film ini disutradari oleh Danny Boyle dan co-directornya adalah Loveleen Tandan. berawal dari Novel
Vikas Swarup, cerita ini dikembangkan menjadi bentuk screenplay oleh Simon Beaufoy.

Slumdog Millionaire memenangkan 42 penghargaan dan 36 kali dinominasikan. Ia juga mendapat 10 Nominasi pada Oscar 2009 ini.

1 comment: